PWI Pamekasan Buka Pendaftaran Diklat Jurnalistik

PWI Pamekasan 9.2.21


PWINews - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan membuka pendaftaran diklat jurnalistik mahasiswa, pelajar dan umum angkatan pertama dan diklat ini akan berlangsung selama tiga bulan mulai Maret hingga Mei 2021.

"Pendaftaran mulai hari ini, hingga 25 Februari 2021 di Kantor Sekretariat PWI di Jalan Ronggosukowati Nomor 13 Pamekasan," kata Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz, Selasa (9/2/2021).

Diklat jurnalistik terapan ini sengaja digelar sebagai bentuk kontribusi PWI Pamekasan dalam berbagai ilmu dan pengalaman tentang jurnalistik.

Diklat yang akan berlangsung selama tiga bulan ini akan dibagi dalam dua bentuk kegiatan, yakni penyampaian materi diklat selama dua bulan dengan 8 kali pertemuan, dan praktik lapangan 1 bulan.

Kuota calon peserta diklat 15 orang, dan diharapkan bisa menyebar ke sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Skenario diklat sebagai berikut; 

1). Bulan Pertama empat kali pertemuan dengan materi dasar-dasar jurnalistik.

2). Bulan kedua, pemilahan kategori/penjurusan. Misalnya radio, televisi, online, dan media cetak dengan jumlah pertemuan sama seperti bulan pertama, yakni empat kali pertemuan. Materi khusus pada spesifikasi kategori/pejurusan yang telah dipilih oleh peserta, sehingga dari 15 orang peserta itu, nantinya akan dibagi dalam empat kelompok (kelompok radio, televisi, online dan cetak).

3). Bulan ketiga, penugasan lapangan. Peserta diajak liputan bareng atau ditugaskan melakukan liputan lapangan dengan mentor wartawan anggota PWI dari media di masing-masing kategori ini. Jika hasil liputannya layak ditayangkan media, maka akan ditayangkan dengan atas nama wartawan yang menjadi mentor tersebut. 

4). Bagi peserta yang bisa melakukan liputan dengan baik dan hasilnya layak tayang di media, maka yang bersangkutan akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat kelulusan. Tapi jika tidak layak tayang, maka peserta hanya akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti diklat jurnalistik dasar yang diselenggarakan oleh PWI Pamekasan.

Bagi yang berminat mendaftar untuk mengikuti diklat jurnalistik terapan PWI Pamekasan ini, bisa mendaftar ke kantor Sekretariat PWI Pamekasan pada penerima pendaftaran Hasibudin (081913745888) dan Hasan (087758413069) (Humas PWI Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »