22 Wartawan Senior Terima Kartu Pers Istimewa di HPN 2019

PWINews - Pada acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, sejumlah insan pers mendapatkan penghargaan sebagai apresiasi atas kerja keras pers dalam menyajikan informasi kepada publik.

Puncak HPN tahun ini digelar di Ibu Kota Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, dengan tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital".

Dalam gelaran HPN 2019 ini, Presiden Joko Widodo menerima penghargaan kemerdekaan pers. Hal ini atas dukungan Jokowi terhadap kebebasan pers. Penghargaan ini langsung diserahkan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo. [Baca Juga: Ralita FM Terima Izin Penyiaran di HPN 2019]

"Saya mengajak komunitas pers nasional untuk menjadikan Indonesia menjadi wahana komunikasi massa yang informasi dan pembentuk opini, yang melaksanakan azaz fungsi dan kewajiban dan peranan yang sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional," kata Yosep pada puncak Hari Pers Nasional 2019 di Grand City, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Selain itu, rangkaian acara HPN juga memberikan penghargaan lainnya. Misalnya penghargaan Digital Award HPN 2019 diserahkan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari kepada Menteri Pariwisata dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. [Baca Juga: Elang Jawa Jadi Maskot HPN 2019]

Tak hanya itu, ada pula anugerah Kepedulian Pers kategori instansi pemerintah yang diraih Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ada juga Penghargaan Warta Bakti Utama. Penghargaan ini diraih Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Anugerah Perintis Pers yang diperoleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Ada juga penghargaan Pers Card Number One (PCNO) yang diberikan kepada 22 Pemimpin Redaksi beberapa media di Indonesia. Penganugerahan PCNO ini secara simbolis diwakili oleh Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Munir.

Kartu pers nomor satu berjuluk Press Card Number One (PCNO). Kartu istimewa itu diberikan kepada wartawan senior terpilih dan telah memenuhi beberapa kriteria. Mereka itu harus berkinerja profesional, berdedikasi, punya pengorbanan kepada dunia pers, dan menjunjung tinggi kebebasan pers, dan patut diteladani. [Baca Juga: 24 Wartawan Pamekasan Lulus Uji Kompetensi Wartawan]

Beberapa tokoh pers yang pernah menerima PCNO sebelumnya diantaranya, Ishadi SK, Goenawan Mohammad, Jakob Oetama, Atmakusumah Astraatmadja, Pia Alisyahbana dan Bambang Harimurti.

Berikut adalah 22 nama penerima PCNO HPN 2019 :
1. Ahmed Kurnia Soeriawidjaja (BUMN Track dan Info Publik)
2. Ahmad Munir (Pemred LKBN Antara)
3. A. Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id)
4. Apni Jaya Putra (Direktur Program dan Berita TVRI)
5. Djunaedi Tjunti Agus (PU Mimbar Rakyat.com)
6. Endro S.Effendi (Pemred Berau Pos)
7. Iwan Haryono (Pemred Radio Elshinta)
8. Iin Yumiyanti (Wakil Direktur Konten detik.com)
9. Mohamad Ihsan (PU/Pemred Warta Ekonomi)
10. Mirza Zulhadi (Pemred Ayobandung.com)
11. Maria D.Andriana (Wartawan Senior Antara)
12. Naungan Harahap (mantan pengurus PWI Pusat)
13. Rita Sri Hastuti (Wakil PU Bisniswisata.com)
14. Rajab Ritonga (Direktur UKW PWI)
15. Raja Parlindungan Pane (Dewan Redaksi Topskor)
16. Rohmad Hadiwijoyo (Ketua Umum PRSSNI/kolomnis)
17. H.Sutransyah (Komisaris Gemakalteng.com)
18. Supriyadi Alfian (PU SKH Momentum)
19. Tri Agung Kristanto (Wapemred Harian Kompas)
20. Teguh Santosa (Pemred RMOL)
21. Titin Rosmasari (Pemred Trans7 dan CNN)
22. Widodo Asmowiyoto (Mantan Pemred Harian Pikiran Rakyat)

HPN 2019 juga diwarnai dengan penghargaan Adinegoro. Penghargaan Adinegoro merupakan penghargaan tertinggi bagi para insan pers untuk karya jurnalistik dari berbagai kategori media.

Penghargaan tersebut sudah dilaksanakan terhitung sejak tahun 1974 oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). [Baca Juga: Baddrut Tamam Kunjungi Kantor PWI Pamekasan]

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atas Depari dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Berikut daftar nama para pemenang Adinegoro 2018.
1. Indepth reporting Tidak ada.
2. Demitrius Wisnu Widiantoro. Foto 'Kampanye Damai Jadi Pendidikan Politik' Harian Kompas.
3. Wahyu Kokkang. Karikatur 'Hantu Pilpres 2019' Harian Jawa Pos.
4. Anton Bahtiar Rifa'i. Televisi 'Suara Dari Rimba' Liputan 6 SCTV.
5. Benny Hermawan. Radio 'Suara Disabilitas Mental Dalam Demokrasi Rasional' RRI Surabaya.
6. Sri Iswati. Siber 'Kejar Kemenangan Agung, Kalah Pun Terhormat' Jayakartanews.com. (Rilis PWI)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »