PWI Jatim Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan

PWI Pamekasan 16.7.17
PWINews - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) pada tanggal 17 dan 18 Juli 2017.

UKW angkatan ke-19 di masa kepemimpinan Akhmad Munir ini, akan digelar pada di kantor PWI Jalan Taman Apsari Surabaya dalam tiga kelas, yakni kelas wartawan muda, madya dan utama.

Jumlah peserta pendaftar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jatim angkatan 19 pada Senin-Selasa, 17-18 Juli 2017 membeludak.

"Kami tak menyangka antusiasme wartawan yang mengikuti UKW kali ini sangat besar," ujar Ketua PWI Jatim Akhmad Munir kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (15/7/2017).

Menurut dia, membeludaknya antusiasme wartawan mengikuti UKW menunjukkan adanya kesadaran media dan wartawan bahwa saat ini UKW sudah menjadi kebutuhan, sekaligus menunjukkan pemangku kebijakan media serta masyarakat sudah menyadari wartawan dalam bekerja harus profesional dan kompetensi.

"Dengan cara itulah dapat dibedakan mana wartawan asli yang profesional dan berkompeten, kemudian mana yang wartawan abal-abal," katanya.

Jumlah kuota peserta UKW hasil kerja sama PWI Jatim dengan Bank Mayapada yang akan digelar di kantor PWI Jatim Jalan Taman Apsari Surabaya adalah 56 peserta, namun pendaftar totalnya 91 peserta.

Karena kuotanya terbatas, kata dia, maka diberlakukan sistem seleksi sehingga 35 peserta di antaranya harus menunggu kesempatan UKW berikutnya yang dijadwalkan digelar dalam waktu dekat ini.

"Kami akan terus berupaya menggelar UKW lagi. Insya Allah digelar September 2017, kemudian pada tahun depan digelar lagi dua kali hasil kerja sama PWI Jawa Timur dengan Bank Mayapada," ucapnya.

Sementara itu, khusus UKW angkatan ke-19, 56 orang peserta yang ikut akan dibagi menjadi delapan kelas dengan masing-masing kelas diikuti tujuh orang wartawan.

"Yakni, satu kelas untuk UKW kelas utama, dua untuk kelas madya, dan lima kelas bagi UKW kelas muda. Sebelum ujian, digelar dulu safari jurnalistik," kata Kepala LKBN Antara Antara Biro Jatim tersebut.

Dengan 18 kali penyelenggaraan, saat ini wartawan berkompeten di Jatim yang dinyatakan lulus mengikuti program UKW oleh Dewan Pers mencapai sekitar 900 orang. (PWI-1)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »