Catatan SBY di HPN 2017 PWI Jatim

PWINews - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang asli kelahiran Pacitan, Jawa Timur dan berprestasi menorehkan sejarah Jawa Timur karena jadi Presiden RI dua periode, mendapat  penghargaan khusus dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur.

SBY menerima penghargaan ini pada Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang diselenggarakan PWI Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Pemprov Jatim di Jalan pemuda, Surabaya, Rabu (29/3/2017). 

Penyerahan dilakukan Ketua PWI Pusat Margiono dengan didampingi Ketua PWI Jatim Akhmad Munir.

Lulusan AKABRI (1973), SBY merupakan putera tunggal Letnan Satu (Purn TNI) R Soekotjo dan Sitti Hanibah lahir di Pacitan, 9 September 1949. SBY ditetapkan PWI Jatim, menerima penghargaan khusus karena mengharumkan nama Jawa Timur, dengan prestasi memimpin NKRI selama dua periode. Selain itu, separuh perjalanan hidupnya dicurahkan untuk mengabdi kepada Negara dan Bangsa.

SBY saat menyampaikan orasi ilmiah terkait anugerah dari PWI ini menyampaikan rasa
haru birunya. “Saya sangat bahagia dan bangga sekali hari ini,” ucap Presiden RI pertama
yang dalam sejarah Pilpres RI dipilih langsung oleh rakyat, saat proses Pemilu Presiden
RI putaran II 20 September 2004.

“Semoga penghargaan ini menjadi bagian dari perjalanan saya, perjalanan anak Pacitan yang
ingin berbuat baik untuk bangsa dan negara,” kata SBY dalam orasi ilmiahnya mengkaji
“Demokrasi dan Pers”, di depan ratusan awak media se Jawa Timur, di Puncak peringatan HPN.

Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir menjelaskan, anugerah kepada SBY ini diberikan atas dasar sebagai putera terbaik Jawa Timur, dan diberi nama Penghargaan Prapanca Agung. Penghargaan ini hanya diberikan kepada tokoh-tokoh negarawan yang berjasa terhadap RI dan lahir di Jawa Timur. HPN 2017 ini, merupakan kali pertama PWI Jawa Timur memberikan penghargaan ini.

"Kali ini, kita berikan kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono karena prestasi dan pengabdiannya kepada Bangsa daan Negara memang luar biasa,” kata Akhmad Munir kepada wartawan di sela-sela acara.

Tokoh nasional asal Jawa Timur yang juga mendapat PWI Jatim Award, di antaranya Dato Sri Taher pengusaha sukses asal Surabaya yang juga owner Mayapada Group; Ir Ridwan Hisjam Politisi senior Golkar yang Anggota DPR RI; Mahfud MD matan Ketua MK yang juga Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur; Jenderal TNI AD (Purn) Moeldoko pernah menjabat  Panglima TNI, Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo dan Jenderal Pol (Purn) Bahrudin Haiti yang keduanya pernah menjabat Kapolri di era Presiden SBY dan Presiden Jokowi. (PWI-12)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »