PWI Pamekasan Gelar Kursus Jurnalistik

Pamekasan (PWINews) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berencana menggelar kursus jurnalistik bagi mahasiswa di wilayah itu, yang memiliki minat di bidang profesi wartawan tersebut.

"Sistemnya seperti kuliah, dan mereka akan kami didik mulai dari teori hingga praktik di lapangan," kata Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz.

Kursus jurnalistik ini, akan bertempat di kantor PWI di Jalan Panglima Sudirman Pamekasan dan melibatkan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi di Pamekasan.

Waktu pelaksanaannya selama satu tahun, meliputi teori dan praktik, serta magang di sejumlah perusahaan media.

Untuk angkatan pertama, siswa peserta kursus hanya dibatas sebanyak 10 orang, sesuai dengan kapasitas ruangan. "Jika nantinya pendaftar lebih dari sepuluh orang, maka kemungkinan akan dibuka dua kelas," katanya.

Saat ini, kata Aziz, PWI Pamekasan masih menyusun kisi-kisi materi kursus, meliputi pengenalan dasar jurnalistik, meliputi, jurnalis radio, televisi, koran (cetak) dan sebsite (online).

Dari sepuluh 10 peserta kursus itu, nantinya akan dipilah sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang mereka milik.

"Jika mampu di televisi, maka mereka akan dibina secara khusus oleh wartawan TV, jika radio oleh wartawan radio dan jika cetak oleh wartawan," katanya.

Jadi, nanti, sistemnya seperti kuliah. Mereka datang ke kantor PWI, belajar disana, dengan pengajar yang telah ditentukan oleh tim yang telah dibentuk PWI Pamekasan," katanya, menambahkan.

Abd Aziz menjelaskan, khusus untuk pelaksaan kursus jurnalistik itu, pihaknya telah membentuk koordinator, sekaligus tim perumus materi jurnalistik untuk pelaksanaan kursus tersebut.

Untuk media onlie ditunjuk Samsul Arifin dari BeritaJatim.Com, Radio Suhil Qodri (Radio Karima FM), Koran atau Cetak Muhsin (Koran Harian Surya), sedangkan untuk media televisi Dedy Priyanto dari kontributor MNC Group.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri semua dan anggota Pengurus PWI Pamekasan di rumah bendahara organisasi itu, Suhil Qodri Sabtu (6/11/2016) malam, Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menjelaskan, kursus jurnalistik berjenjang itu merupakan program unggulan PWI sebagai upaya menciptakan kader-kader jurnalis siap kerja.

Selain membentuk tim kerja kursus jurnalistik, rapat itu juga menyepati membentuk koperasi, serta membahas kriteria calon Ketua PWI Jatim dalam konferensi yang akan digelar pada pertengahan November 2016 ini.

Hal lain yang juga menjadi pembahasa rapat ialah penguatan kelembagaan organisasi, serta studi banding ke sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur, terkait peran media dan promosi wisata. (PWI-021)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »