Ratusan Pekerja Nonformal Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Pamekasan (PWINews) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura kembali menggelar gebrakan acara untuk meningkatkan kepesertaannya, kali ini dengan menggandeng Remaja Masjid At-Taqwa Desa Serabi Barat, Kecamatan Modung, Bangkalan melalui Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah, Minggu 02 Oktober 2016.

Serangkaian acara tersebut dimulai dengan pasar sembako murah yang dilaksanakan pada hari Rabu 28 September, dimana sebanyak 400 pekerja yang membeli paket sembako akan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memperoleh iuran gratis selama 2 bulan. Kemarin malam merupakan acara puncaknya.

Dalam kesempatan itu, juga dibayarkan Santunan Jaminan Kematian sebesar Rp24 Juta kepada ahli waris meninggal dunia, ibu Romlah, warga desa sekitar. Bapak Samui (alm) merupakan pedagang sate di Bekasi yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan saat meninggal dunia sehingga berhak mendapat santunan. "Alhamdulillah, sepeninggal bapak uang nya bisa digunakan untuk modal usaha," ujar Romlah.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura Guguk Heru Triyoko mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) yang diberikan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja. 

"Ini merupakan bukti nyata kami untuk memberikan manfaat dan perlindungan kepada masyarakat pekerja," ujar Guguk.

Guguk berharap, seluruh pekerja di Madura baik formal maupun nonformal segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan iuran yang cukup terjangkau mulai dari Rp16.800/bulan untuk 2 Program (Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian). 

Karena tidak hanya pekerja kantoran saja yang berhak dilindungi, pekerja nonformal seperti petani, nelayan, hingga pedagang pun mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan. (Rilis BPJS Ketenagakerjaan Madura)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »