PWI: Lomba Foto Polisi Bukti Polres Mulai Terbuka

Pamekasan (PWINews) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Abd Aziz menilai, kegiatan lomba foto bertajuk "Polisi Dalam Sorotan Lensa" menunjukkan bahwa institusi ini telah memiliki komitmen kuat menjadi institusi yang terbuka, tidak kedap kritik dan siap menerima masukan dari siapapun.

"Ini tentu merupakan modal yang baik untuk menata institusi lebih baik dengan cara memperhatikan aspirasi uang berkembang di masyarakat," katanya saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan hadiah bagi pemenang lomba di aula Rumah Makan Handayani Jalan Niaga Pamekasan, Rabu (5/10/2016).

Aziz mengemukakan, sebuah institusi akan mampu menatap diri menjadi lebih baik, apabila bisa mendengar aspirasi yang berkembang di masyarakat.

Apalagi institusi itu memang fokus pada pelayanan publik yang kesehariannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Lomba foto dan vedio bertajuk "Polisi Dalam Sorotan Lensa" ini untuk kalangan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Pamekasan. Baik wartawan cetak, elektronik maupun maupun online.

Kategori lomba pada dua hal, yakni pencitraan polri dan kritik pada polisi. [Baca Juga: Polres Pamekasan Serahkan Hadiah Lomba Foto Jurnalis]

Pada kategori pencitraan, yang menjadi bidikan foto dan vedio wartawan ialah tentang kegiatan polisi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan pada bidang kritik yang menjadi sorotan adalah berbagai jenis kegiatan ataupun temuan pelanggaran yang dilakukan polisi.

"Selama ini belum ada institusi yang terbuka dan mau dikritik seperti ini apalagi secara terbuka dan dilombakan selama ini. Paling banter hanya disampaikan dalam sebuah pidato sambutan tapi aksinya tidak nyata. Sekali ini, ini merupakan nilai yang sangat positif bagi Polres Pamekasan," katanya.

Pewarta Perum LKBN Antara wilayah Madura ini lebih lanjut mengemukakan, kemitraan yang terbangun antara polisi dan wartawan di Pamekasan merupakan kemitraan yang bisa saling mengarahkan dan mengontrol.

"Kenapa ini terjadi, karena pers merupakan pilar keempat dalam sistem negara yang menganut sistem demokrasi. Jadi ada eksekutif, legislatif, yudikatif dan keempat adalah pers," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI juga memaparkan tentang nilai teologis jurnalis yang menurutnya sering ia sampaikan dalam berbagai kesempatan pertemuan.

Menurut Aziz praktik jurnalistik sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, bahwa firman Tuhan tidak akan pernah tersampaikan dengan baik kepada umat manusia di dunia ini apabila tidak ada sang penyampai risalah yang disebut "rasul".

Maka disatu sisi, kata dia yang juga harus diperhatikan oleh sang penyampai risalah adalah nilai-nilai yang sesuai dengan ketentuan etik, yakni shiddiq, amanah, tablig dan fathonah.

"Dalam konteks jurnalistik adalah berpegang teguh pada kode etik jurnalistik dan undang-undang pers," katanya.

Sementara Kapolres Pamekasan AKBP Nuwo Hadi Nugroho mengatakan lomba foto dan vedio ini memang untuk koreksi internal institusinya.

Polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat harus mampu melihat persoalan sekitarnya sehingga benar-benar berarti dalam kehipan masyarakat.

"Memang benar apa yang disampaikan ketua PWI tadi. Kita jangan memakai kacamat kuda, sehingga kita tidak tau persoalan uang terjadi di sekeliling kita " katanya.

Kapolres juga mengakui, hubungan baik antara polisi dan jurnalis harus tetap terjaga agar secara bersama-sama bisa memperbaiki kondisi bangsa dan negara menjadi lebih baik.

Terpilih sebagai juara dalam lomba vedia dan foto bertajuk "Polisi Dalam Sorotan Lensa" itu, Miftahul Arifin juara I dari JTV Madura, Fathor Rahman juara ll dari Radar Madura dan Lutfi Alwi juara lll dari Radio Madura FM untuk kategori citra polisi.

Sedangkan untuk kategori kritik untuk juara l diraih oleh Andre Havid dari RRI, juara II Halili SuaraJatim.Com dan juara III Fathol Arifin dari LimaDetik.Com.

Untuk lomba vedio diraih oleh Supriyadi kontributor TV One, Juara II Fathol Arifin dari LimaDetik.Com dan juara III Abd Rahem reporter Madura TV. (PWI Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »