PWI Jatim Lantik Pengurus PWI Pamekasan

PWI PAMEKASAN2Pamekasan, 25/5 (Media Madura) – Setelah sebelumnya menggelar musyawarah perwakilan PWI persiapan Kabupaten Pamekasan dan memilih ketua baru, akhirnya pengurus baru persiapan PWI Pamekasan dilantik.

Dalam pelantikan yang digelar di aula hotel New Ramayana dan dihadiri oleh sejumlah tokoh dan dari unsur forum pimpinan daerah (Forpimda), yakni Bupati yang diwakili oleh asisten 1 bidang pemerintahan, Kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, Kajari Pamekasan itu, Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir melatik langsung kepengurusan baru tersebut.

Dalam sambutannya, Munir berharap kepengurusan baru di Kabupaten Pamekasan itu mampu menjalankan roda organisasi dengan baik dan terus menjaga keutuhan organisasi dan nama baik organisasi keweratanan nasional itu.

Ia juga menjelaskan, PWI merupakan salah satu wadah organisasi tertua di Indonesia yang menaungi wartawan yang legalitasnya diakui oleh dewan Pers selain AJI dan IJTI. Sebab setelah reformasi, banyak organisasi wartawan bermunculan, sehingga, guna untuk menjaga profesionalisme wartawan, maka ke 3 orgnanisasi wartawan tersebut ditunjuk oleh dewan Pers untuk terus meningkatkan profesionalisme wartawan di seluruh Indonesia.

“Dari sekian banyak organisasi, setelah dilakukan verifikasi oleh dewan pers, hanya tiga organisasi yang lolos, yakni PWI sebagai organisasi tertua, kemudian AjI dan terakhir IJTI, dan ketiga organisasi inilah yang ditunjuk oleh dewan Pers untuk terus mengawal profesionalisme wartawan, termasuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” katanya dalam sambutannya.

Selain itu, kata dia, keberadaan PWI juga untuk memberikan perlindungan hukum bagi wartawan dalam melaksakan tugas kewartawanannya.”Selama wartawan tetap menjunjung tinggi kode etik Jurnalis, maka profesi wartawan akan memulyakanna, sehingga kaidah-kaidan dan kode etik jurnalis harus terus dipegang teguh,” pintanya.

Sementara itu, ketua terpilih Abdul Aziz dalam sambutannya mengatakan, keberadaan PWI di Kabupaten Pamekasan bukan untuk bersaing dengan organisasi lokal yang telah ada di wilayah itu, tetapi lebih bersifat untuk memayungi seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Pamekasan.

Aziz juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh seluruh anggota PWI Pamekasan yang telah memilihnya dan ia berjanji untuk menjalankan organisasi yang dipimpinnya itu dengan baik.

“Saya akan melaksanakan amanah dan kepercayaan dari teman-teman wartawan yang telah memilih saya untuk menjadi ketua persiapan PWI Pamekasan ini, tetapi saya tidak bisa sendirian, sehingga seluruh anggota harus bersama-sama, sebab saya akan memberlakukan sistem kepemimpinan kolektif collegial dalam menjalankan organisasi ini,” tegasnya.

Sebagai organisasi wartawan yang bersifat nasional, kata dia, PWI cabang persiapan Kabupaten akan senantiasa memberikan kontribusinya dan akan terus bekerja sama dengan seluruh elemen serta instansi pemerintahan, demi kemajuan Pamekasan dimasa yang akan datang.

Abd Aziz yang merupakan wartawan LKBN Antara itu, terpilih secara aklamasi, ia menggantikan ketua sebelumnya yakni Muchsin wartawan Surya, yang menjabat sejak tahun 2000 lalu.

Saat ini anggota PWI Pamekasan sebanyak 12 orang dari berbagai media, baik media cetak, televisi, online dan radio. (Media Madura)

 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »